Bayi Autisme disebabkan Oleh Ibu yang sering Meminum Obat Epilepsi

Penelitian yang dilakukan beberapa waktu yang lalu membuktikan bahwa ibu hamil yang sering meminum obat-obatan dapat menimbulkan cacat fisik dan mental pada bayi yang dikandungnya. Cacat fisik dan mental akan terlihat ketika si bayi tersebut lahir pada waktunya. Namun lebih parah lagi studi membuktikan ibu yang sering meminum obat epilepsi dapat mengakibatkan bayi lahir dengan cacat seperti autisme.Obat epilepsi merupakan obat generik. Penelitian ini didasarkan pada umur ibu yang sedang mengandung dan umur kandungan itu sendiri.Seorang ibu harus jeli dan rajin mencari informasi tentang apa efek dari obat yang dikonsumsi dan berbahaya atau tidak bagi janinya.
656.000 anak yang lahir di Denmark pada tahun  1996-2006, dan sekitar 6.600 ibu dari anak tersebut menderita epilepsi dan hanya 508 mengkonsumsi valproat dimasa kehamilanya. Menurut ahli obat-obatan valproat dapat mempengarui bayi atau janin yang ada di dalam kandungan itu sendiri, seperti mempengarui pematangan otak janin, termasuk neurotransmiter sinyal pengirim. Namun sayangnya ibu hamil tersebut tidak bisa secara langsung menghentikan konsumsi valproate.
Dari situ kita dapat mengambil kesimpulan bahwa tingkat autisme di antara anak-anak dari ibu yang mengkonsumsi valproate lebih tinggi dibandinglan dengan mereka yang sebelumnya mengkonsumsi tapi berhenti sebelum hamil.

0 komentar:

Posting Komentar