Deskripsi Tentang Blog


Blog merupakan kepanjangan dari Web Log. Web Log merupakan aplikasi berupa tulisan-tulisan yang diposting. Postingan berisi tulisan-tulisan yang dimuat terbalik dalam urutanya seperti isi terlebih dahulu yang kemudian disusul oleh isi yang lebih rinci. Blog merupakan Situs Web yang sering di akses oleh pengguna internet sesuai topik dan tujuan si pengguna internet.
Didalam dunia internet, blog mempunyai beberapa manfaat bagi pengguna internet. Blog diberdayakan oleh seorang penulis tunggal tentang sebuah catatan harian, politik, sosial dan ilmu pengetahuan. Blog juga dilengkapi dengan fasilitas interaksi antar pengguna, seperti buku tamu dan kolom komentar, sehingga pengunjung dapat meninggalkan atau memberi komentar pada postingan yang ada di blog tersebut. Namun demikian juga ada blog yang non-interaktif. Didalam blog juga dikenal istilah blogosphere yang artinya situs-situs web yang saling berkaitan atau secara total merupakan kumpulan weblog.
Blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com yang dimiliki oleh Pyra Labs yang akhirnya diakusikan oleh  Google.com pada tahun 2002 akhir. Istilah yang digunakan di Indonesia adalah Ngeblog. Istilah tersebut sering digunakan olehpara blogging/ blogger. Dijaman era moderen ini, peralatan dan perangkat lunak lebih berkembang dan lebih canggih, maka dari itu perawatan blog yang dilakukan blogger semakin mudah. Blogger juga kini mengandalkan blognya sebagai sarana untuk menghasilkan penghasilan mereka melalui AdSense, periklanan, penjualan tautan, atau afiliasi.
Kejahatan yang dilakukan pada blog sering terjadi,karena blog sendiri adalah media yang digunakan untuk menulis aktivitas sehari-hari. Blog menjadi sumber utama informasi bagi para hacker, pencuri identitas, mata-mata, dan lain sebagainya. Hal tersebut dapat mengakibatkan dipecatnya atau didenda bahkan ditangkapnya seseorang.

0 komentar:

Posting Komentar